LAPORAN
KEGIATAN PENGEMBANGAN
DIRI
SDN 16 AMPALU KACIAK
KECAMATAN LIMA KAUM
Tahun 2012
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
BAB I PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
B.Tujuan
C.Hasil Yang diharapkan
D.Sasaran
E.Manfaat
BAB II PELAKSANAAN KEGIATAN
PENGEMBANGAN DIRI
A. Pembiasaan Rutin Harian
B.Jadwal Kegiatan
C.Daftra Guru Pembina
BAB III PENUTUP
Dokumentasi Kegiatan
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur
kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas
limpahan rahmat dan hidayah Nya, telah dapatnya Kepala Sekolah SDNp 16 Ampalu Kaciak menyusun Laporan
Kegiatan Pengembangan Diri yang
dilaksanakan setiap Hari Sabtu setiap minggunya. Penyusunan Laporan ini merupakan
salah satu upaya mengimplementasikan segala sesuatunya tentang terlaksananya program
pengembangan diri di SDN 16 Ampalu
Kaciak.
Laporan ini disusun dengan
mengacu pada beberapa macam kegiatan rutin harian Sabtu.Yangmana ada beberapa
kegiatan yang senantiasa dilakukan di sekolah. Laporan ini memuat tentang materi kegiatan, jadwal
serta hasil kegiatan.
Kami mengucapkan terima kasih
dan penghargaan kepada seluruh warga sekolah yang telah meluangkan waktu dan
tenaganya untuk melaksanakan kegiatan pengembangan diri, dan memberi saran
dalam penyusunan laporan ini. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk
terhadap segala upaya yang kita lakukan demi untuk peningkatan pengembanga diri
yang telah dilaksanakan di SDN 16 Ampalu Kaciak Kecamatan Lima Kaum .
Kepala Sekolah,
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
SDN 16
Ampalu Kaciak adalah salah satu sekolah di Kecamatan Lima Kaum yang merupakan
salah satu sekolah yang telah memprogramkan
dan melaksanakan kegiatan pengembangan diri setiap hari Sabtu yang telah
dimulai sejak 4 tahun yang lalu yang juga merupakan anjuran dari Dinas
Pendidikan Kabupaten Tanah Datar sebagai
tuntutan dari kurikulum Sekolah Dasar Negeri 16 Ampalu Kaciak Kecamatan Lima
Kaum. .
Atas dasar
itulah kegiatan pengembang diri dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 16 Ampalu
Kaciak Kecamatan Lima Kaum, dengan berbagai kegiatan yang mendukung pendidikan
baik agama maupun pendidikan umum.
Tujuan yang
akan dicapai dalam kegiatan pengembangan diri bukan sekedar melaksanakan
kegiatan olah raga atau kegiatan di luar kelas saja , tetapi bertujuan agar
siswa dapat mengembangkan bakat dan minatnya sesuai dengan keinginan bahkan
keterampilan serta minat yang ada pada
diri siswa itu sendiri.Di samping itu juga agar perkembangan otak kanan dengan
otak kiri dapat seimbang atau sejalan sehingga tidak membuat siswa merasa jenuh
akibat dari kegiatan pembelajaran dari hari ke hari selalu belajar, belajar , dan belajar.
Pengembangan
diri siswa tidak ada yang dipaksakan tetapi disediakan beberapa fasilitas , yang
mana siswa dapat memilih sesuai bakat dan minatnya, dan guru membimbing serta
memberikan arahan – arahan sesuai dengan kemampuan dan bidang yang telah
ditetapkan sebelumnya .Walaupun setiap guru belum begitu mahir dalam kegiatan
membimbing pengembangan diri siswa , namun semua guru berupaya semampu mungkin
untuk memberikan yang terbaik untuk peserta didik.
Di SDN 16
Ampalu Kaciak kegiatan pengembangan diri sudah merupakan kegiatan yang telah
biasa dilakukan , dan memang diprogramkan sesuai dengan kurikulum Sekolah Dasar
Negeri 16 Ampalu Kaciak Tahun Pelajaran 2011 / 2012..
B. TUJUAN
Adapun tujuan yang hendak dicapai
dengan kegiatan pengembangan diri adalah
·
Untuk mengasah otak kanan agar seimbang dengan
otak kiri.
·
Untuk menghilangkan kejenuhan siswa
·
Mengasah keterampilan siswa yang berbakat
·
Memberikan keterampilan kecakapan hidup / life
skill
·
Mengembangkan bakat – bakat siswa yang terpendam
C. Hasil
yang Diharapkan
Kegiatan pengembangan diri hendaknya dapat
meningkatkan keterampilan siswa di
berbagai bidang.
Hasil yang
diperoleh setelah kegiatan berupa:
1.
Memperoleh peringkat I Tenis Meja Tingkat Kecamatan
2.
Memperoleh Peringkat II Bola Volly
D. Sasaran
Adapun sasaran dilaksanakan kegiatan pengembangan diri ini adalah :
- Siswa kelas I sampai dengan kelas VI
- Kepala Sekolah dan Majelis Guru
- Penjaga sekolah dan tata usaha
E. Manfaat
Menanamkan semangat mau maju dan pengembangan bakat.Mengasah keterampilan
yang dimiliki siswa sehingga berkembang.
BAB II
PELAKSANAAN KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI
a. Pembiasaan Rutin Harian
NO
|
JADWAL
|
KEGIATAN
|
P.Jwb
|
1
|
Senin - Sabtu
|
Bersalaman
dengan teman ,guru dan tamu yang datang
Setiap pagi
melaksanakan kegiatan rutin pagi yang telah terprogram
Menjelang
belajar membaca alquran , asmaulhusna, ayat pendek
Sebelum dan
sesudah belajar berdoa
Waktu istirahat
melaksanakan sholat Duha
|
Guru Kelas dan B.Studi
|
2
|
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
|
Sholat zuhur
berjemaah di sekolah dari kelas VI
Sholat zuhur
berjemaah di sekolah dari kelas V
Sholat zuhur
berjemaah di sekolah dari kelasI IV
Sholat zuhur
berjemaah di sekolah dari kelas III
|
|
3
|
Senin
|
Setiap pagi Senin melaksanakan upacara bendera,
|
|
4
|
Selasa .Kamis
|
Melaksanakan senam kesegaran jasmani
|
|
5
|
Rabu
|
Rabu Sehat
Pidato tentang
kesehatan
Gosok gigi
bersama
Pemeriksaan
kebersihan kuku ,gigi ,dan rambut
|
|
5
|
Jumat
|
Jumpa Berlian
( Jumat Pagi Bersih Lingkungan )
Pengajian
Mentari Pagi
Tadarus
Al-Qur’an
Pembinaan
Tilawah
Pembiasaan Terprogram
|
|
6
|
Sabtu
|
Pengembangan
diri dan penampilan bakat
Gotong Royong
di kelas dan 1 x sebulan secara umum
Kegiatan
kepramukaan.
|
b.
JADWAL KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI
DAN PEMBIMBINGAN
SDN 16 AMPALU KACIAK T.P 2011/2012
No
|
Ming
Hari
|
Kegiatan
|
Nara Sumber
|
Penanggung Jawab
|
1
|
I
II
III
Sabtu
|
Olah Raga:
-Tenis Meja,Badminton,Volli,Catur
Kesenian,Seni,Tari,Musik,Lukis
Keterampilan:
Anyaman,Meronce,Masakan Kuliner
Keagamaan:
Muhadoroh,Sholat fardhu, Jenazah
Ayat Pendek,Doa Harian
Kesehatan:
K3,Penyakit,Pidato Kesehatan,Makanan
Perpustakaan:
Peminjaman Buku,Membaca buku
Kegiatan Lomba:
Perpustakaan,Olimpiade IPA,Matematika
K3,Mengarang,Asmaulhusna,Olahraga
|
Azwar Afendi,S.Pd
Hayatunnufus,S,Pd
Maisuardi,S.Pd
Afrizon Mandal,S.Pd
Delfitri,S.Pd
Nurdainis
Zurya Efni,S.Pdi
Efriati,S.PdI
Febrian Aida,S.Pd
Erdawati
|
Kepala Sekolah/ Majelis Guru/ Karyawan
|
2
|
IV
|
-Rekreasi ke objek sejarah
-Lintas Alam
-Pramuka
|
c. Daftar Guru Pembina
pengembangan Diri
No
|
Bidang Kegiatan
|
Guru Pembina
|
1
|
Keagamaan
|
Efriati
|
2
|
Olah Raga
|
Azwar Efendi
|
3
|
Seni lukis
|
Herdawati
|
4
|
Seni Tari
|
Zurya Efni,S.Pdi
|
5
|
Seni Musik
|
Hayatunnufus,S.Pd
Nurdainis
|
6
|
Keterampilan
|
Febrian Aida
Nurdainis
|
7
|
Pramuka
|
Zurya Efni,S.PdI
Febrian nAida
|
8
|
Olimpiade IPA
|
Afrizon Mandal,S.Pd
|
9
|
Olimpiade Matematika
|
Maisuardi,S.Pd
|
10
|
UKS
|
Delfitri,S.Pd
Nurdainis
|
11
|
Masakan Kuliner
|
BAB III
PENUTUP
Kegiatan yang dilaksanakan setelah
satu tahun pelajaran membuat siswa memahami arti pentingnya mengembangkan bakat
dan minat sesorang, Karena dengan adanya pembinaan bakat dan minat tersebut ,
mereka dapat berkompetisi di tingkat Kecamatan dan meraih peringkat I
pertandingan tenis meja , sehingga membawa mereka untuk berkompetisi di tingkat
Kabupaten pada acara lomba O2SN tahun 2012.
Siswa menyadari akan perlunya latihan yang rutin dalam kegiatan
penegmbangan diri mereka , di samping masanya bagi siswa untuk bermain , mereka
juga sadar akan perlunya berlatih keterampilan , bukan belajar teori tentang
pengetahuan saja sepanjang hari.
Di samping siswa juga berlatih dan mengembangkan diri mereka , para guru
juga tidak kalah dengan siswa , bahwa setiap hari Sabtu mereka juga berolah
raga volley , tenis meja, dan bulu tangkis bersama siswa , dan juga dibidang
kesenian dan agama .
Kami yakin dan percaya banyak
kekurangan –kekurangan dari laporan ini baik kekurangan –kekurangan dari sistim
pelaksanaannya maupun bentuk penulisan laporan ini, untuk itu kami mohon maaf. Semoga
kekurangan-kekurang tersebut dapat menjadi awal untuk lebih baik lagi dimasa
yang akan datang.
Demikianlah
laporan ini disusun , terima kasih.
Wasalam
Wr Wb
sangat membantu trimakasih
BalasHapusTrims bantuannya untuk berbagi
BalasHapusTrims bantuannya untuk berbagi
BalasHapussangat membantu kerja saya. Trimakasih semoga menjadi amal jariyah.
BalasHapus