LAPORAN
KEGIATAN GOTONG ROYONG
MAJELIS GURU, SISWA
KELAS VI
BERSAMA ORANG TUA
SDN 16 AMPALU KACIAK
KECAMATAN LIMA KAUM
Tahun 2012
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur
kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas
limpahan rahmat dan hidayah Nya, telah dapatnya Kepala Sekolah SDN 16 Ampalu Kaciak menyusun Laporan
Kegiatan Gotong Royong yang dilaksanakan setiap Hari Sabtu minggu ke
tiga setiap bulannya . Penyusunan Laporan ini merupakan salah satu upaya
mengimplementasikan segala sesuatunya
tentang hidup bersih atau bersih itu indah.
Laporan ini disusun dengan
mengacu pada beberapa macam kegiatan gotong royong yang telah dilaksanakan yaitunya
gotong royong pembersihan ruang kelas dilaksanakan sebanyak 2 kali dalam sehari
piket kelas ) yaitu sebelum bel berbunyi
dan menjelang pulang sehingga kelas tetap bersih dan nyaman , dan setiap hari
Sabtu membersihkan ruangan kelas secara bersama – sama , serta membersihkan
pekarangan sekolah secara keseluruhannya termasuk ruang kantor majelis guru, perpustakaan , UKS, dan ruangan
yang lainnya.Laporan ini
memuat tentang materi kegiatan, jadwal serta hasil kegiatan.
Kami mengucapkan terima kasih
dan penghargaan kepada seluruh warga sekolah yang telah meluangkan waktu dan tenaganya
untuk melaksanakan kegiatan gotong royong bersama ini, dan memberi saran dalam
penyusunan laporan ini. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk
terhadap segala upaya yang kita lakukan demi untuk menjaga kebersihan
lingkungan dan peningkatan mutu
pendidikan di Indonesia.
Kepala Sekolah,
Wiswi Ayu Syafni,S.Pd
NIP 19680422 199005 2 001
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
SDN 16
Ampalu Kaciak adalah salah satu sekolah di Kecamatan Lima Kaum yang merupakan
salah satu sekolah sehat yang mendapat
juara pertama di Kabupaten Tanah Datar
yang diperlombakan di tingkat Propinsi Sumatera Barat pada tahun 2009.
Atas dasar
itulah kegiatan cinta bersih atau bersih itu indah tetap diterapkan dikalangan
peserta didik dan umumnya keluarga besar
SDN 16 Ampalu kaciak , sehingga kebiasaan itu akan tetap mendarah daging sampai
mereka menjadi orang yang dewasa kelak nantinya.
Tujuan yang
akan dicapai dalam kegiatan gotng royong adalah menjadikan peserta didik
mencintai kebersihan dan cinta hidup bersih serta memahami bahwa kebersihan itu adalah sebagian dari iman , dan
utama sekali adalah menciptakan lingkungan yang asri , bersih , nyaman , enak
dipandang mata dan indah Selain itu juga
karena dari zaman ke zaman jika diperhatikan kegiatan gotong royong
sudah mulai ditinggalkan bagi para generasi muda sekarang , maka di sekolah
dimulai digerakkan kembali budaya gotong
royong kembali.
Di Sekolah
Dasar Negeri 16 Ampalu Kaciak gotong royong merupakan suatu kegiatan rutin yang
selalu dijalan sepanjang harinya. Kegiatan gotong royong juga merupakan
kegiatan yang mendidik siswa untuk menjadi insan yang dapat bekerja sama antara
siswa dan kelak menjadi insan yang benar –benar memiliki jiwa gotong royong
yang tinggi , dan insan yang saling bantu membantu dalam segala kebaikan
nantinya.
B. TUJUAN
Adapun tujuan yang hendak dicapai dengan kegiatan gotong royong ini
adalah agar Kepala Sekolah, Majelis Guru, siswa dan orang tua memiliki rasa jiwa kerja sama yang tinggi
dalam menciptakan hidup bersih di kehidupan
sehari – hari , di rumah, sekolah maupun di tempat –tempat umum, dan
rasa toleransi yang tinggi akan tetap tertanam dalam jiwa masing - masing.
Di samping itu tujuan yang hendak dicapai dalam kegiatan gotong royong adalah:
1.Terlaksananya rencana sekolah dengan baik .
2.Terbimbingnya siswa dalam melatih hidup sehat dan bersih .
3.Terselenggaranya kegiatan rutin sekolah di bedang kesehatan dengan baik
.
4.Adanya rasa kepuasan dan kegembiraan dari setiap orang jika berkunjung
ke SDN 16 Ampalu Kaciak Kecamatan Lima Kaum karena kebersihannya.
5.Adanya rasa nyaman jika berada dilingkungan sekolah bagi peserta didik.
6.Adanya rasa cinta siswa terhadap sekolahnya
C. Hasil
yang Diharapkan
Kegiatan gotong royong hendaknya dapat
meningkatkan kecintaan siswa terhadap
lingkungannya , dan menambah wawasan siswa tentang manfaat hidup bersih .
Hasil yang
diperoleh setelah kegiatan berupa:
1.
Meningkatnya
kecintaan siswa terhadap kebersihan lingkungan
2.
Meningkatnya kekaguman siswa terhadap sekolahnya karena bersih
3.
Meningkatnya rasa sosial siswa antara sesama manusia
dan makhluk hidup lainnya
4.
Meningkatkan rasa tanggung jawab yang tinggi
5.
Meningkatkan rasa kerja sama yang tinggi antara sesama.
D. Sasaran
Adapun sasaran dilaksanakan kegiatan gotong royong ini adalah :
- Siswa kelas I sampai dengan kelas VI
- Orang tua / masyarakat sekitar
- Kepala Sekolah dan Majelis Guru
E. Manfaat
Menanamkan semangat jiwa kerja
sama , toleransi, tanggung jawab serta cinta kebersihan dimana saja dan kapan
saja, baik di rumah , sekolah, mesjid, maupun di tempat yang baru pertama kali
di kunjunginya. Membentuk insan yang taat kepada aturan yakninya tidak membuang
sampah di sembarang tempat, Mencintai lingkungan dan disiplin serta bekerja
sama .
BAB II
PELAKSANAAN GOTONG ROYONG
I.
Waktu :
· Setiap pagi menjelang berbaris semua siswa dibimbing oleh guru
piket dan guru yang lainnya memungut sampah di halaman sekolah.
· Setiap pagi menjelang bel berbunyi dan menjelang
pulang sekolah membersihkan kelas masing – masing.
· Setiap hari Sabtu membersihkan kelas
masing dan ruangan yang lainnya
· Setiap hari Sabtu minggu ke tiga
membersihkan pekarangan sekolah
II.
Lokasi yang dibersihkan
·
Taman
bunga
·
Sekeliling
sekolah yang menjadi batas sekolah dengan tanah masyarakat
·
Tanaman
Toga
·
Ruangan
Kelas
·
Ruangan
Mushollah
·
Ruangan
Kantor Kepala Sekolah
·
Majelis Guru
·
Ruangan
UKS
·
Ruangan
Perpustakaan
·
Membersihkan
jalan jorong bersama warga sekitar sekolah.
IV. Hasil Pelaksanaan Kegiatan
Hasil yang dapat diperoleh dari
kegiatan gotong royong sangat memuaskan
, yaitu siswa terdidik hidup bersih dan
tidak mau membuang sampah sembarangan tempat, karena mereka sudah terbiasa bergotong royong gotong membuang sampah
ketempat yang disediakan di pojok
halaman dan karena sudah terbiasa menjaga kebersihan baik di sekolah maupun di
mana berada..
BAB III
PENUTUP
Kegiatan yang dilaksanakan selama
kegiatan gotong royong membuat siswa memahami arti tentang kebersihan dan makna
yang terdapat dari kegiatan gotong royong itu sendiri. Gotong royong adalah
warisan leluhur bangsa Indonesia yang harus tetap dilestarikan sampai kepada
generasi berikutnya.Bangsa Indonesia adalah bangsa yang bermoral , bermartabat
dan mempunyai jiwa kerja sama yang kokoh sejak dahulu kala. Maka sikap yang
demikian itu perlu dilestarikan dan ditingkatkan walaupun hanya dalam hal yang
sekcil apapun.Misalnya dalam membersihkan kelas, melap meja, mengepel lantai, mencuci
gelas minumannya, menghapus papan tulis, menyapu , atau dalam membersihkan
papan tulis. Semua kegiatan yang demikian itu perlu kerja sama yang kuat antara
sesama siswa.
Pekerjaan yang berat akan bertambah ringan jika semua itu dilakukan
dengan bersama –sama . Seperti pepatah berat sama dipikul ringan sama dijinjing.Semua
kegiatan sesulit apapun akan menjadi
mudah jika dilakukan dengan bergotong royong.
Kami yakin dan percaya banyak
kekurangan –kekurangan dari laporan ini baik kekurangan –kekurangan dari sistim
pelaksanaannya maupun bentuk penulisan laporan ini, untuk itu kami mohon maaf. Semoga
kekurangan-kekurangan tersebut dapat
menjadi awal untuk lebih baik lagi dimasa yang akan datang.
Demikianlah
laporan ini disusun , terima kasih.
Wasalam
Wr Wb
Kepala
Sekolah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar