sukses

oke

yang melihat blok SD16

Sabtu, 16 Juni 2012

Laporan Kegiatan Goro SDN 16 AMpalu Kaciak











LAPORAN

KEGIATAN GOTONG ROYONG
 MAJELIS GURU, SISWA KELAS VI
BERSAMA ORANG TUA

 



 




SDN 16 AMPALU KACIAK
KECAMATAN LIMA KAUM
Tahun 2012



KATA PENGANTAR


Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT  atas limpahan rahmat dan hidayah Nya, telah dapatnya  Kepala Sekolah SDN  16 Ampalu Kaciak menyusun Laporan Kegiatan  Gotong Royong  yang dilaksanakan setiap Hari Sabtu minggu ke tiga setiap bulannya . Penyusunan Laporan ini merupakan salah satu upaya mengimplementasikan  segala sesuatunya tentang hidup bersih atau bersih itu indah.

Laporan ini disusun dengan mengacu pada beberapa macam kegiatan gotong royong yang telah dilaksanakan yaitunya gotong royong pembersihan ruang kelas dilaksanakan sebanyak 2 kali dalam sehari  piket kelas ) yaitu sebelum bel berbunyi dan menjelang pulang sehingga kelas tetap bersih dan nyaman , dan setiap hari Sabtu membersihkan ruangan kelas secara bersama – sama , serta membersihkan pekarangan sekolah secara keseluruhannya termasuk ruang kantor  majelis guru, perpustakaan , UKS, dan ruangan yang lainnya.Laporan ini memuat tentang materi kegiatan, jadwal serta hasil kegiatan.

Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh warga  sekolah yang telah meluangkan waktu dan tenaganya untuk melaksanakan kegiatan gotong royong bersama ini, dan memberi saran dalam penyusunan laporan ini. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk terhadap segala upaya yang kita lakukan demi untuk menjaga kebersihan lingkungan dan  peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.



        Kepala Sekolah,


   Wiswi Ayu Syafni,S.Pd
NIP 19680422 199005 2 001






BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang


SDN 16 Ampalu Kaciak adalah salah satu sekolah di Kecamatan Lima Kaum yang merupakan salah satu  sekolah sehat yang mendapat juara  pertama di Kabupaten Tanah Datar yang diperlombakan di tingkat Propinsi Sumatera Barat pada tahun 2009.
Atas dasar itulah kegiatan cinta bersih atau bersih itu indah tetap diterapkan dikalangan peserta didik  dan umumnya keluarga besar SDN 16 Ampalu kaciak , sehingga kebiasaan itu akan tetap mendarah daging sampai mereka menjadi orang yang dewasa kelak nantinya.
Tujuan yang akan dicapai dalam kegiatan gotng royong adalah menjadikan peserta didik mencintai kebersihan dan cinta hidup bersih serta memahami bahwa  kebersihan itu adalah sebagian dari iman , dan utama sekali adalah menciptakan lingkungan yang asri , bersih , nyaman , enak dipandang mata dan indah Selain itu juga  karena dari zaman ke zaman jika diperhatikan kegiatan gotong royong sudah mulai ditinggalkan bagi para generasi muda sekarang , maka di sekolah dimulai digerakkan kembali budaya  gotong royong kembali.
Di Sekolah Dasar Negeri 16 Ampalu Kaciak gotong royong merupakan suatu kegiatan rutin yang selalu dijalan sepanjang harinya. Kegiatan gotong royong juga merupakan kegiatan yang mendidik siswa untuk menjadi insan yang dapat bekerja sama antara siswa dan kelak menjadi insan yang benar –benar memiliki jiwa gotong royong yang tinggi , dan insan yang saling bantu membantu dalam segala kebaikan nantinya.

B.     TUJUAN
Adapun tujuan yang hendak dicapai dengan kegiatan gotong royong ini adalah agar  Kepala Sekolah, Majelis Guru,  siswa dan orang tua   memiliki rasa jiwa kerja sama yang tinggi dalam menciptakan hidup bersih di  kehidupan sehari – hari , di rumah, sekolah maupun di tempat –tempat umum,  dan  rasa toleransi yang tinggi akan tetap tertanam dalam jiwa  masing - masing.

Di samping itu tujuan yang hendak dicapai  dalam kegiatan gotong royong adalah:
1.Terlaksananya rencana sekolah dengan baik .
2.Terbimbingnya siswa dalam melatih hidup sehat dan bersih .
3.Terselenggaranya kegiatan rutin sekolah di bedang kesehatan dengan baik .
4.Adanya rasa kepuasan dan kegembiraan dari setiap orang jika berkunjung ke SDN 16 Ampalu Kaciak Kecamatan Lima Kaum karena kebersihannya.
5.Adanya rasa nyaman jika berada dilingkungan sekolah bagi peserta didik.
6.Adanya rasa cinta siswa terhadap sekolahnya

C.    Hasil yang Diharapkan
Kegiatan gotong royong hendaknya dapat meningkatkan  kecintaan siswa terhadap lingkungannya , dan menambah wawasan siswa tentang  manfaat hidup bersih .
Hasil yang diperoleh setelah kegiatan berupa:
1.    Meningkatnya  kecintaan siswa terhadap  kebersihan lingkungan
2.    Meningkatnya kekaguman siswa terhadap  sekolahnya karena bersih
3.    Meningkatnya rasa sosial siswa antara sesama manusia dan makhluk hidup lainnya
4.    Meningkatkan rasa tanggung jawab yang tinggi
5.    Meningkatkan rasa kerja sama yang  tinggi antara sesama.
D.    Sasaran
Adapun sasaran dilaksanakan kegiatan gotong royong  ini adalah :
  • Siswa kelas I sampai dengan kelas VI
  • Orang tua / masyarakat sekitar
  • Kepala Sekolah dan Majelis Guru

E.     Manfaat
Menanamkan semangat  jiwa kerja sama , toleransi, tanggung jawab serta cinta kebersihan dimana saja dan kapan saja, baik di rumah , sekolah, mesjid, maupun di tempat yang baru pertama kali di kunjunginya. Membentuk insan yang taat kepada aturan yakninya tidak membuang sampah di sembarang tempat, Mencintai lingkungan dan disiplin serta bekerja sama .


BAB II
PELAKSANAAN GOTONG ROYONG


I.              Waktu :
·   Setiap pagi menjelang  berbaris semua siswa dibimbing oleh guru piket dan guru yang lainnya memungut sampah di halaman sekolah.
·   Setiap pagi menjelang bel berbunyi dan menjelang pulang sekolah membersihkan kelas masing – masing.
·   Setiap hari Sabtu membersihkan kelas masing dan ruangan yang lainnya
·   Setiap hari Sabtu minggu ke tiga membersihkan pekarangan sekolah  

II.           Lokasi yang dibersihkan
·         Taman bunga
·         Sekeliling sekolah yang menjadi batas sekolah dengan tanah masyarakat
·         Tanaman Toga
·         Ruangan Kelas
·         Ruangan Mushollah
·         Ruangan Kantor Kepala Sekolah
·          Majelis Guru
·         Ruangan UKS
·         Ruangan Perpustakaan
·         Membersihkan jalan jorong bersama warga sekitar sekolah.

IV. Hasil Pelaksanaan Kegiatan
         Hasil yang dapat diperoleh dari kegiatan  gotong royong sangat memuaskan , yaitu  siswa terdidik hidup bersih dan tidak mau membuang sampah sembarangan tempat, karena mereka sudah terbiasa   bergotong royong gotong membuang sampah ketempat yang  disediakan di pojok halaman dan karena sudah terbiasa menjaga kebersihan baik di sekolah maupun di mana berada..




BAB III
PENUTUP

Kegiatan  yang dilaksanakan selama kegiatan gotong royong membuat siswa memahami arti tentang kebersihan dan makna yang terdapat dari kegiatan gotong royong itu sendiri. Gotong royong adalah warisan leluhur bangsa Indonesia yang harus tetap dilestarikan sampai kepada generasi berikutnya.Bangsa Indonesia adalah bangsa yang bermoral , bermartabat dan mempunyai jiwa kerja sama yang kokoh sejak dahulu kala. Maka sikap yang demikian itu perlu dilestarikan dan ditingkatkan walaupun hanya dalam hal yang sekcil apapun.Misalnya dalam membersihkan kelas, melap meja, mengepel lantai, mencuci gelas minumannya, menghapus papan tulis, menyapu , atau dalam membersihkan papan tulis. Semua kegiatan yang demikian itu perlu kerja sama yang kuat antara sesama siswa.
Pekerjaan yang berat akan bertambah ringan jika semua itu dilakukan dengan bersama –sama . Seperti pepatah berat sama dipikul ringan sama dijinjing.Semua kegiatan sesulit  apapun akan menjadi mudah jika dilakukan dengan bergotong royong.
 Kami yakin dan percaya banyak kekurangan –kekurangan dari laporan ini baik kekurangan –kekurangan dari sistim pelaksanaannya maupun bentuk penulisan laporan ini,  untuk itu kami mohon maaf. Semoga kekurangan-kekurangan  tersebut dapat menjadi awal untuk lebih baik lagi dimasa yang akan datang.
Demikianlah laporan ini disusun , terima kasih.

                                                                                    Wasalam Wr Wb
                                                                                   
           
                                                                                    Kepala Sekolah










Tidak ada komentar:

Posting Komentar