sukses

oke

yang melihat blok SD16

Minggu, 18 Desember 2011

YG HARUS DIPERSIAPKAN GURU UNTUK MENGHADAPI PK-GURU


 1.MENGENAL KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK ADALAH SBB:
WAWANCARA:
TENTANG  KARAKTERISTIK SISWA PEMALU PENDIAM, CERIA,EKONOMI RENDAH,CACAT PISIK,DITINGGAL ORANG TUA, CERDAS,SOSIAL RENDAH DLL.
SAAT PBM yg diamati
TEMPAT DUDUK YG MATA SAKIT,TELINGA AGAK KURANG, BADAN BESAR,BADAN MUNGIL,BERKELILING KE ARAH SISWA, PENGECEKAN RUTIN TENTANG TUGAS,
SETELAH PBM:
MENGAPA TEMPAT DUDUK DITATA DEMIKIAN ? ALASANNYA APA?GURU HARUS DAPAT MENJELASKAN!

2.MENGUASAI TEORI BELAJAR DAN PRINSIP PRINSIP PEMBELAJARAN YG MENDIDIK
WAWANCARA:
BAGAIMANA  STRATEGI GURU UNTUK
MENCAPAI TUJUAN PEMBELAJARAN ?
APA LATARBELAKANG PEMILIHAN PENYUSUNAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN ?

PBM :YANG DIAMATI
APAKAH PEMBELAJARAN BERVARIASI?
APAKAH MEMBERIKAN KESEMPATAN PD
 SISWA UTK MENGUASAI MATERI
APAKAH ADA MOTIVASI
APAKAH GURU MEMBERI RESPON PD SISWA
SETELAH PBM
MENGAPA GURU MELAKSANAKAN PBM DEMIKIAN ?
APAKAH SESUAI DENGAN PROSEM DAN SILABUS?

3.PENGEMBANGAN KURIKULUM
WAWANCARA:
APAKAH RPP SESUAI DENGAN SILABUS?
PBM:YANG DIAMATI
APAKAH GURU JELAS,LANCAR DAN LENGKAP SEWAKTU
MENYAMPAIKAN MATERI
APAKAH MATERI SESUAI DENGAN USIA SISWA,LATARBELAKANG SISWA?
APAKAH MATERI YANG DIAJARKAN ADALAH MATERI YANG MUTAKIR?
APAKAH METERI SESUAI DENGAN LINGKUNGAN DAN KESEHARIAN

SETELAH PBM
GURU DIMINTA MENJELASKAN
SEBERAPA JAUH MANFAAT HASIL
BELAJAR UNTUK MENGEMBANGKAN
TOPIK BERIKUTNYA PADA RENCANA PEMBELAJARAN SELANJUTNYA

4.KEGIATAN PEMBELAJARAN YANG MENDIDIK
WAWANCARA:
APAKAH ADA KEMUNGKINAN KESULITAN  DALAM MEMBAHAS TOPIK  UTK MENCAPAI TUJUAN YG AKAN DICAPAI?
JIKA ADA PESERTA YG KESULITAN DALAM MENCAPAI TUJUAN TERSEBUT , BAGAIMANA GURU MENINDAKLANJUTI?
BAGAIMANA GURU MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA ?
PBM:YANG DIAMATI
APAKAH KEGIATAN YG DILAKUKAN GURU DAPAT MEMBANTU SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI?
APAKAH GURU MENGELOLA AKTIFITAS SESUAI DENGAN RPP?
BERAPA WAKTU GURU UNTUK MENJELASKAN,
BERAPA WAKTU SISWA YG DIBERIKAN GURU UNTUK BERAKTIFITAS ?
APAKAH GURU MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN YANG  SESUAI?
APAKAH TERMOTIVASI SISWA DALAM PBM SAAT ITU?
APAKAH GURU TERAMPIL DALAM MELAKSANAKAN PBM?
SETELAH PBM:
SEBERAPA JAUH TINGKAT KEBERHASILAN DALAM PBM YG TELAH DILAKSANAKAN?
5.MEMAHAMI DAN MEMBANGUN POTENSI
WAWANCARA
DIMINTA 4 ORANG SISWA SECARA RANDOM
PERTANYAAN :
BAGAIMANA GURU DAPAT MENUNJUKKAN KEKUATAN DAN  KELEMAHAN 4 SISWA ITU DALAM MEMAHAMI MATERI?
APA TINDAKAN GURU UNTUK MENGEMBANGKAN KEKUATAN DAN KELEMAHAN 4 SISWA ITU?
APAKAH SISWA DAPAT BIMBINGAN SECARA KHUSUS?
PBM:YANG DIAMATI
APAKAH GURU HANYA MEMPERHATIKAN SISWA TERTENTU?
APAKAH GURU MENGAKTIFKAN SISWA SELURUHNYA?
SEJAUH MANA GURU MEMBERIKAN KESEMPATAN PD SISWA UNTUK MENYAMPAIKAN PENDAPAT?
BAGAIMANA GURU MEMOTIVASI SISWA UNTUK BERTANYA TENTANG  TOPIK?

SETELAH PBM
APA ADA TINDAKAN GURU JIKA MATERI ITU SULIT ATAU MENARIK BAGI SISWA?JELASKAN!
APAKAH GURU MEMILIKI DOKUMEN TENTANG KEMAJUAN  BELAJAR SISWA ?
6.KOMUNIKASI DENGAN PESERTA DIDIK
WAWANCARA :
BAGAIMANA MENDORONG INTERAKTIF SISWA ANTAR SISWA?
PBM YANG DIAMATI
BERAPA  LAMA GURU BERBICARA, BERBICARA SECARA INDIVIDU PD SISWA,BERAPA LAMA WAKTU YG DISEDIAKAN  UNTUK SISWA MENJAWAB ,BERTANYA,
BEKERJASAMA ,BEKERJA MANDIRI DLL.
BAGAIMANA CARA GURU MEMASTIKAN SISWA YG DIBELAKANG ,SAMPING KANAN, KIRI ,AKTIF?
SEBERAPA BANYAK PERTANYAAN TERBUKA YANG DIBERIKAN GURU?
BAGAIMANA GURU MERESPON JAWABAN SISWA?
APAKAH  GURU MENYEDIAKAN  PERTANYAAN YG BERVARIASI?
BAGAIMANA CARA GURU MENUNJUK SISWA UNTUK MENJAWAB PERTANYAAN?
SETELAH PBM
APA PERSEPSI  GURU TERHADAP EFEKTIFITAS KOMUNIKASI YG TERJADI SELAMA PBM?



7.PENILAIAN DAN EVALUASI
WAWANCARA:
RPP DAN ALAT PENILAIAN COCOK DENGAN TUJUAN PEMBELAJARAN?
PBM: YANG DIAMATI
APAKAH GURU MEMBUAT HASIL ANALISA SOAL, APAKAH GURU MENGKOMUNIKASIKAN HASIL PENILAIAN KEPADA SISWA, APAKAH GURU MEMBERI TINDAK LANJUT.
8.BERTINDAK SESUAI DENGAN NORMA AGAMA,HUKUM,SOSIAL,DAN BUDAYA NASIONAL
WAWANCARA:
BAGAIMANA PANDANGAN GURU TENTANG KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSA YANG BERAGAM?
DILAKUKAN WAWANCARA DENGAN ORANG TUA, TEMAN SEJAWAT,SISWA, PENGAWAS,UPT,
JUGA TENTANG PANDANGAN GURU MENGENAI PANCASILA SEBAGAI IDIOLOGI BANGSA.
BAGAIMANA SIKAP GURU DALAM PERGAULAN SEHARI –HARI
9.MENUNJUKKAN PRIBADI YANG DEWASA
PENGAMATAN TENTANG  SIKAP GURU BERBICARA,BERSIKAP PD SISWA,TIDAK MERENDAHKAN SISWA
PENGAMATAN
MENCEK KEHADIRAN GURU DIKELAS, JAM
MENGAJAR,ISTIRAHAT,DI SEKOLAH,APAKAH TEPAT WAKTU MASUK KELAS  ,( DAFTAR HADIR DAN  TY JAWAB KEPADA KEP SEK DLL )
APAKAH GURU MEMPERSIAPKAN TUGAS DENGAN LENGKAP?
APAKAH GURU  AKTIF DALAM KKG?
APAKAH GURU MENGIKUTI KEGIATAN KKG SETIAP PERTEMUAN?
APAKAH ADA BUKTI?

10.ETOS KERJA, TANGGUNGJAWAB YG TINGGI ,RASA BANGGA JADI GURU
APAKAH GURU MEMILIKI MATERI TAMBAHAN SESUAI DENGAN TUJUAN PEMBELAJARAN YANG DAPAT DIGUNAKAN OLEH GURU LAIN JIKA GURU TERSEBUT MELAKUKAN TUGAS YG LAIN
PENGAMATAN
APAKAH GURU TEPAT WAKTU MENGAWALI DAN MENGAKHIRI PBM?
APAKAH SISWA TETAP MELAKSANAKAN TUGAS SESUAI JADWAL?
APAKAH GURU PERNAH TIDAK HADIR?
JIKA TIDAK HADIR APA KEGIATAN YG DILAKUKAN SISWA?
WAWANCARA DGN WARGA SEKOLAH,ORANG TUA, MASYARAKAT ,TENAGA PENDIDIK DLL

11. BERSIKAP INKLUSIF , BERTINDAK OBJEKTIF SERTA TIDAK DESKRITIF
WAWANCARA
BAGAIMANA GURU MEMBAGI WAKTU UNTUK BERINTEGRASI DENGAN SISWA
BAGAIMANA GURU BERDISKUSI DENGAN SISWA
BAGAIMANA GURU MENGHARGAI HASIL KERJA SISWA
BAGAIMANA GURU MENANGANI PERSAINGAN YG TIDAK SEHAT ANTAR SISWA
APAKAH GURU MEMBERIKAN PERHATIANYG SAMA TERHADAP SISWA
JUGA WAWANCARA DENGAN KEPALA SEK / KOORDINATOR PKB TENTANG :
HUBUNGAN DENGAN KEPEDULIAN GURU TERHADAP SESAMA GURU,ORANG TUA, SISWA
TANGGAPAN GURU TERHADAP PENDIDIKAN FORMAL DAN IN FORMAL

12.KOMUNIKASI DENGAN SESAMA GURU.T. PDDK, OR TU,SISWA,DAN MASYARAKAT
PENILAI MEMINTA:
CATATAN DOKUMEN PERTEMUAN WALI MURID TTG KEMAJUAN BELAJAR SISWANYA BUKU NILAI , APA YG DILAKUKAN OLEH GURU TERSEBUT
PENILAI MEMINTA DOKUMEN YG MENYATAKAN HUBUNGAN KERJASAMA DENGAN TEMAN SEJAWAT YG MEMBUTUHKAN LAYANAN KHUSUS / BP / GURU PIKET
PENILAI MEWAWANCARAI ORANG TUA/ MASYARAKAT TENTANG KEGIATAN GURU DILUAR JAM PELAJARAN
13.PENGUASAAN MATERI STRUKTUR KONSEP DAN POLA PIKIR KEILMUAN YG MENDUKUNG PELAJARAN YANG DI AMPU
PENGAMATAN
APAKAH GURU LANCAR DAN TERAMPIL DALAM MELAKUKAN KBM?
APAKAH GURU MEMILIKI CATATAN TENTANG TOPIK ATAU MATERI/RANGKUMAN MATERI
APAKAH GURU MMERESPON JAWABAN SISWA

14. MENGEMBANGKAN KEPROFESIAN MELALUI TINDAKAN YG REFLEKTIF
PENGAMATAN
PENILAI MEMINTA GURU MENYEDIAKAN EVALUASI DIRI DAN RENCANA PKB
PENILAI MEMINTA BUKTI GURU IKUT PKB
PENILAI MEMINTA GURU MEMPERLIHATKAN BUKTI REFLEKSI DIRI /JURNAL BELAJAR
PENILAI MENANYAKAN APAKAH GURU PERNAH MENGAKSES INTERNET?
PENILAI MEMINTA BUKTI PISIK KEIKUTSERTAAN GURU DALAM KKG SEMINAR ATAU LOKAKARYA
PENILAI MELAKUKAN WAWANCARA DENGAN PENGURUS KKG TENTANG KEAKTIFANNYA DALAM KKG/ KEHADIRANNYA





Tidak ada komentar:

Posting Komentar