sukses

oke

yang melihat blok SD16

Sabtu, 05 November 2011

Instrumen penilaian PK guru ( DIKLAT PG -GURU D LPMP PADANG )


2
 
PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI GURU
PAKET PELATIHAN PK GURU DAN PKB
UNTUK MASTER TRAINER, TRAINER DAN PENILAI
KEGIATAN 2:
PENGGUNAAN INDIKATOR KINERJA GURU
(Menggunakan video bahasa inggris segmen 1 dan 2)

NAMA                : ______________________
NO PESERTA     : ______________________
INSTANSI           : ______________________




KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN
DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN
2011
Kegiatan 2: Penggunaan Indikator Kinerja Guru

Tujuan: Memperkenalkan kepada calon penilai tentang cara menggunakan indikator kinerja sebagai pembanding untuk mengevaluasi kinerja guru.

Bahan:   Satu video pembelajaran (SMPN 28 Bandung, Ibu Elis Rosdiawati, Bahasa Inggris); video yang digunakan berdurasi 2 x 10 menit (Segmen 1 dan 2); lembar kerja, lembar evaluasi dan laporan (versi lengkap), RPP tidak diperlukan karena tidak digunakan dalam penilaian di Kompetensi 6.

Kegiatan: Latihan ini fokus untuk melakukan penilaian pada Kompetensi 6:
1.      Bacalah pernyataan kompetensi (deskripsi, indikator, dan proses penilaian) hanya untuk Kompetensi 6.
2.      Simaklah segmen 1 contoh proses pembelajaran dan buatlah deskripsi/catatan proses pembelajaran yang diamati berdasarkan langkah-langkah dalam proses penilaian.
3.      Sampaikanlah hal-hal yang telah dideskripsikan ke depan forum dan tentukanlah apakah informasi yang disampaikan sudah cukup untuk melakukan penilaian dari seluruh indikator atau belum. Bila belum cukup simaklah video segmen ke dua.
4.      Lakukanlah penilaian untuk setiap indikator kompetensi dan hitunglah total nilai.
5.      Nilai, alasan-alasan pemberian nilai, dan catatan-catatan lain yang dibuat oleh masing-masing peserta kemudian dibandingkan di dalam kelompok, dengan memperhatikan: a) tingkat kepentingan setiap rincian catatan; b) kecocokan antara catatan-catatan tersebut, indikatornya, dan nilai yang diberikan untuk setiap indikator.
6.      Bandingkanlah  jawaban kelompok dengan model jawaban.

Selama Pengamatan untuk Kegiatan 2.
Tanggal
:
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
:
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan: 



















Tindak lanjut yang diperlukan:






Penilaian untuk Kompetensi 6:  Komunikasi dengan peserta didik
Indikator
Skor
Tidak ada bukti (Tidak  terpenuhi)
Terpenuhi sebagian
Terpenuhi
Seluruhnya
1.       Guru menggunakan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman dan menjaga partisipasi peserta didik, termasuk memberikan pertanyaan terbuka yang menuntut peserta didik untuk menjawab dengan ide dan pengetahuan mereka.
0
1
2
2.       Guru memberikan perhatian dan mendengarkan semua pertanyaan dan respon peserta didik, tanpa menginterupsi, kecuali jika diperlukan untuk membantu atau mengklarifikasi pertanyaan/respon tersebut.
0
1
2
3.       Guru merespon pertanyaan peserta didik secara tepat, benar, dan mutakhir, sesuai tujuan pembelajaran dan isi kurikulum, tanpa mempermalukannya.
0
1
2
4.       Guru menyajikan kegiatan pembelajaran yang dapat menumbuhkan kerja sama yang baik antar peserta didik.
0
1
2
5.       Guru mendengarkan dan memberikan perhatian terhadap semua jawaban peserta didik baik yang benar maupun yang dianggap salah untuk mengukur tingkat pemahaman peserta didik.
0
1
2
6.       Guru memberikan perhatian terhadap pertanyaan peserta didik dan meresponnya secara lengkap dan relevan untuk menghilangkan kebingungan pada peserta didik.
0
1
2
Total skor untuk kompetensi 6

Skor maksimum kompetensi 6  = jumlah indikator ×2

Persentase = (total skor/12 ) × 100%

Nilai untuk kompetensi 6
(0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)





1 komentar: