sukses

oke

yang melihat blok SD16

Rabu, 02 November 2011

PENELITIAN TINDAKAN KELAS /PTK


PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)
(informasi sederhana untuk berlatih)
LEMBAR  KERJA
)
1.    Pengantar
Ini adalah lembar kerja. Lembar kerja ini akan memandu Anda menyusun perencanaan (proposal) penelitian tindakan kelas (PTK).  Anda akan dipandu dari kegiatan yang paling awal sampai kerangka proposal selesai. Oleh karena itu, semua petunjuk di dalam buku ini hendaklah Anda ikuti secara cermat. Kerjanya silmutan, berurutan. Kegiatan berikutnya baru dapat dilakukan jika kegiatan sebelumnya sudah selesai. Anda tidak dibenarkan mengerjakannya tanpa berurutan. Jangan ada penjelasan, petunjuk, dan panduan dalam buku ini yang diabaikan, terutama jika Anda ingin sukses dalam menyusun proposal.
Petunjuk di dalam lembar kerja ini akan membantu Anda menerapkan konsep penelitian tindakan kelas (PTK). Langkah awal yang harus Anda ikuti adalah memahami konsep PTK dan segala aspek yang berhubungan dengannya. Untuk memahaminya Anda akan mendapat informasi tentang konsep PTK, prinsip PTK, karakteristik PTK, dan teknik menyusun proposal PTK.

2.    Mari Berlatih
2.1 Pelatihan Pertama
Banyak konsep atau pengertian penelitian tindakan kelas (PTK) yang dapat dipahami. Para pakar telah mengungkapkan berbagai pengertian dengan berbagai argumen.  Untuk kepentingan pelatihan ini, konsep yang digunakan adalah  seperti berikut ini. “Penelitian tindakan kelas (PTK) adalah penelitian yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan atau meningkatkan praktik-praktik pembelajaran di kelas secara profesional.”
Konsep itu menginformasikan, PTK adalah penelitian reflektif. Artinya, penelitian diawali dengan refleksi. Melakukan refleksi berarti melihat, meninjau, memikirkan, mengkaji, dan merenungkah hal-hal yang berhubungan dengan pembelajaran yang telah dilakukan. Subjek refleksinya adalah pembelajaran, praktik pembelajaran. Dengan refleksi itu akan ditemukan hal yang perlu ditingkatkan atau diperbaiki dalam pembelajaran. Pertanyaan pertama yang harus Anda jawab adalah, ”Adakah yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan dalam praktik-praktik pebelajaran Anda sehari-hari?” Jika jawabnya ”ada”, berarti Anda dapat memulai langkah awal penyusunan proposal.  Jika jawabnya ”tidak ada”, berarti Anda tidak perlu mengadakan PTK. Jika jawaban Anda ”ada”, tulislah lima hal yang akan diperbaiki atau ditingkatkan dalam pembelajaran Anda pada kolom format 1 (F1) yang tersedia di bawah ini!
Ada dua kemungkinan yang dapat ditulis pada kolom dua F1 itu. Kedua kemungkinan itu adalah yang berhubungan dengan pembelajaran (learning) dan yang berhubungan dengan pengelolaan kelas ((class management). Bentuk penulisannya dapat menggunakan kalimat pernyataan negatif atau menidakkan. Misalnya untuk pembelajaran ”siswa kurang atau tidak menguasai cara menulis paragraf eksposisi berpola induktif, ” dan untuk pengelolaan kelas ”siswa tidak atau kurang aktif dalam  pembelajaran ”.  Hal yang dituliskan pada kolom dua F1 ini adalah hal yang benar-benar terjadi di kelas Anda, sekali lagi di kelas Anda, bukan di kelas sejawat lainnya. Jika yang ditulis bukan yang benar-benar terjadi,  tentu akan mendatangkan kesulitan pada langkah selanjutnya. Ya, selamat mengikuti pelatihan pertama ini!
F1
No
Hal yang Perlu Diperbaiki atau Ditingkatkan (Permasalahan)
Kriteria

Keterangan
1
2
3
4
5
6
1
2
3
4
5
6
7
8
9
01
”siswa kurang atau tidak menguasai cara menulis paragraf eksposisi berpola induktif,

V
V
V
V
V
V
Layak dipakai

02
siswa tidak atau kurang aktif dalam  pembelajaran ”. 
V
V
V
V
V
X
Layak diperbaiki

03

V
V
V
X
X
X
Layak diganti

04









05









2.2    Pelatihan Kedua
Inilah pelatihan kedua.  Jangan ikuti kegiatan ini jika pelatihan pertama belum tuntas. Anda telah mencatat lima hal yang akan diperbaiki atau ditingkatkan dalam praktik pembelajaran pelatihan pertma.  Kelima hal itu perlu diseleksi, diuji, atau disaring. Penyeleksian dilakukan untuk melihat kelayakannya. Jika ia lolos dari penyaringan, pengujian, dan penyeleksian,  hal yang dicatat itu diberi keterangan layak. Layak dalam konteks ini maksudnya adalah layak untuk dijadikan permasalahan PTK. Caranya ialah dengan memberika tanda (V) jika jawaban pertanyaan berikut  ”ya” dan (X) jika jawaban pertanyaan ”tidak”. Jawaban tersebut ditandai pada kolom 3 sampai dengan 8  di bawah nomor (1,2,3,4,5,6) format 1 (F1) . Pertanyaannya  adalah seperti berikut ini.
(1)      Apakah permasalahan bersumber dari kelasku?
(2)      Apakah permasalahan terkait/ berhubungan dengan peserta didikku?
(3)      Apakah permasalahan terkait/ berhubungan  dengan pendidik (aku)?
(4)      Apakah permasalahan terkait dengan pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran yang kugunakan?
(5)      Apakah permasalahan terkait dengan bahan atau materi pembelajaran?
(6)      Apakah permasalahan dialami oleh sebagian besar atau lebih dari 50 % peserta didikku?
Setiap permasalahan yang diajukan pada kolom dua F1 hendaklah Anda seleksi dengan kriteria ini. Jika semua pertanyaan terjawab ”ya”, Anda dapat memberikan keterangan ”layak dipakai” pada kolom keterangan. Jika jawaban ”ya” lebih banyak dari jawaban ”tidak”, keterangannya adalah ”layak diperbaiki”. Kalau jawaban ”ya” lebih sedikit dari jawaban ”tidak”, Anda memberi keterangan  ”layak diganti”.  Setelah memahami penjelasan ini, Anda sudah dapat memulai pelatihan kedua ini. Selamat bekerja!

2.3    Pelatihan Ketiga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar