sukses

oke

yang melihat blok SD16

Sabtu, 05 November 2011

RPP IPA kelas IV


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/ Semester           : IV/ I (satu)
Waktu                         : 3 x Pertemuan

I. Standar kompetensi
Memahami hubungan sesama makhluk hidup dan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.

II. Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi beberapa jenis hubungan khas (simbiosis) dan hubungan ”makan dan dimakan” antarmakhluk hidup (rantai makanan).

III. Indikator
  1. menjelaskan pengertian simbiosis dan rantai makanan.
  2. Mengidentifikasi hubungan khas antara makhluk hidup
  3. Mengomunikasikan manfaat dan kerugian akibat hubungan antarmakhluk hidup.
  4. menyebutkan contoh hewan yang memiliki hubungan khas.
  5. membuat rantai makanan.

IV. Materi pokok
Jenis hubungan khas makhluk hidup.

V. langkah pembelajaran
Pertemuan I
  1. kegiatan awal (10 menit)
§  mengkondisikan siswa untuk siap fisik maupun mentalnya untuk belajar.
§  Menyampaikan tujuan.
  1. Kegiatan inti (50 menit)
§  Penjelasan guru dan bertanya jawab tentang simbiosis (gambar kupu-kupu dan bunga)
§  Siswa berdiskusi kelompok dengan lembaran tugas sebagai berikut :
No.
Nama simbiosis
Contoh makhluk hidup
1

a.


b.
2

a.


b.
3

a.


b.

§  Setiap kelompok melaporkan hasil diskusi.
§  Guru mengarahkan kesimpulan.
  1. Kegiatan akhir (10 menit)
§  Mencatat kesimpulan

Pertemuan II
A.    Kegiatan awal (10 menit)
§  Melaksanakan apersepsi
§  Menyampaikan tujuan
B. Kegiatan inti (50 menit)
§  Guru menginformasikan tentang ekosistem dan contoh-contohnya (memajangkan gambar).
§  Bertanya jawab tentang manfaat dan kerugian hubungan khas hewan dan tumbuhan.
§  Siswa mengerjakan latihan
  1. Kegiatan Akhir (10 menit)
§  Memberi tugas PR dan latihan.

Pertemuan III
A.    Kegiatan awal (10 menit)
§  Apersepsi
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran
  1. Kegiatan inti (50 menit)
§  Guru memberikan penjelasan secara sekilas dan tugas kelompok (memajangkan gambar)
§  Siswa melaksanakan diskusi kelompok dengan lembar tugas sebagai berikut:
No
Nama ekosistem
Nama anggotanya
1
Ekosistem hutan

2
Ekosistem sawah

3
Ekosistem kebun

4
Ekosistem kolam


§  Guru membimbing diskusi kelas
§  Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan materi
  1. Kegiatan akhir (10 menit)
§  Memberi tugas  PR (membuat rantai makanan dengan mencari kliping gambar hewan dan dipajang di kelas)

VI. Alat sumber bahan
§  IPA Erlangga hal 61 – 69
§  Gambar ekosistem
§  Gambar rantai makanan

VII.  Penilaian : Tes lisan, tertulis dan perbuatan
Soal latihan untuk pertemuan 2
  1. Jelaskan maksud simbiosis !
  2. Apa yang dihisap kupu-kupu pada bunga ?
  3. Buatlah gambar salah satu contoh rantai makanan !
  4. Apa saja anggota ekosistem padang rumput ?
  5. Tumbuhan tali putri tergolong simbiosis parasitisme, jelaskan alasanmu !
  6. Cacing sangat menguntungkan petani, mengapa demikian ?
  7. Antara kerbau dengan burung jalak terjadi hubungan simbiosis …
  8. Bangkai hewan yang telah mati akan membusuk dan akan diuraikan oleh bakteri …
  9. Apa kerugian yang ditimbulkan oleh tali putri pada tumbuhan tempat hinggap?
  10. Tumbuhan termasuk sebagai penyedia makanan yang disebut …



 penyerahan hadiah oleh guru kelas IV Hayatunnufus,S,Pd kepada Hafiz hernansyah juara penulisan buku notulen ramadhan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar