sukses

oke

yang melihat blok SD16

Sabtu, 05 November 2011

kISI - KISI SOAL UJIAN UN KLS VI SD


KISI  KISI SOAL UJIAN AKHIR SEKOLAH
MATA PELAJARAN IPS
KELAS VI SDN 31 BALAI  LABUH  BAWAH

NO
SKL
KEMAMPUAN YANG DIUJI
INDIKATOR
NO
SOAL
1
Memahami sejarah kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan kab/kota dan propinsi
Membaca peta propinsi
Ditampilkan peta propinsi menggunakan skala  sederhana , siswa dapat menentukan letak salah satu ibu kota propinsi
1
Ditampilkan peta propinsi menggunakan skala  sederhana , siswa dapat menentukan letak salah satu kotamadya
2
wiswi ayu syafni, s.pdHubungan kondisi alam dan keragaman social dan budaya
Disajikan beberapa nama tempat wisata  dan propinsinya siswa dapat menentukan kabupaten/kotamadya  salah satu dari tempat wisata itu
3
Menghargai keragaman budaya
Disajikan beberapa nama olah raga tradisional di dalam kabupaten /kota siswa dapat menentukan nama kecamatannya
4
Menghargai peninggalan sejarah
Disajikan beberapa tempat / situs sejarah didalam  kabupaten/kota siswa dapat menentukan letak daerahnya
5
Meneladani tokoh tokoh di lingkungannya
Disajikan beberapa nama pahlawan dalam propinsinya siswa dapat menentukan cirri khas keteladanan dari salah seorang diantaranya
6
2
Mengenal sumber daya alam kegiatan ekonomi dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten /kota dan propinsi
Kegiatan sumber daya alam dan aktifitas ekonomi
Disajikan beberapa daerah dengan sumber daya alamnya siswa dapat menentukan aktifitas ekonomi salah satu dari daerah itu
7
Menghargai keragaman suku bangsa dan  mengkaitkan kesejahteraan masyarakat
Siwa menentukan manfaaat koperasi
8
Mengenal perkembangan teknologi produksi komunikasi dan transportasi serta pengalaman menggunakanya
Siswa dapat menentukan cara menggunakan cara menggunakan salah satu alat komunikasi
9
3
Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah nasional keragaman suku bangsa serta kegiatan ekonomi di indonesia
Mengenal makna peninggalan sejarah yang berskala nasional dan masa hindu, budha, dan islam di Indonesia







Siswa dapat menentukan tempat peninggalan agama hindu , budha , islam di indonesia
10
Siswa dapat menjelaskan manfaat tempat peninggalan agama hindu , budha , islam di indonesia
11
Siswa dapat menjelaskan cara melestarikan peninggalan sejarah di Indonesia


12








Menceritakan tokoh tokoh sejarah pada masa hindu , budha, islam di indonesia
Siswa dapat menyebutkan peranan tokoh sejarah pada masa hindu
13
Siswa dapat menjelaskan tokoh tokoh sejarah yang berpengaruh pada masa hindu  dan budha
14
Siswa mampu menceritakan kejayaan tokoh tokoh islam di berbagai daerah di indonesia
15
Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia
Siswa dapat menentukan tempat atau lokasi suku bangsa di indonesia
16
Siswa mampu menjelaskan nama kesenian suku bangsa
17
Siswa membedakan rumah adapt suku bangsa
18
Mengenal jenis jenis usaha dan kegiatan ekonomi di indonesia
Siswa dapat membedakan jenis jenis usaha ekonomi di indonesia
19
Siswa dapat menyebutkan kegiatan ekonomi di indonesia
20
4
Memahami sejarah kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten /kota /propinsi
Mengenal  keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian waktu di Indonesia dengan menggunakan globe atlas peta dan media lain
Ditampilkan gambar kenampakan alam dan buatan  siswa dapat menentukan symbol kenampakan alam mkabupaten /kota/propinsi
21
Ditampilkan gambar peta kenampakan alam buatan , siswa dapat menentukan lokasi kenampakan alam  buatan di kabupaten /kota/propinsi
22
5
Menghargai peranan tokoh pejuang dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaaan  indonesia
Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan belanda dan jepang
Siswa mampu menyebutkan nama tokoh pejuang  melawan penjajahan belanda di indonesia
23
Siswa mampu menjelaskan cara bangsa Indonesia melepaskan diri dari kekejaman penjajahan jepang
24
wiswi ayu syafni,s.pdMenghargai jasa dan peranan tokoh pejuang dalam mempersiapkan kemerdekaan indonesia
Siswa mampu menjelaskan peranan tokoh persiapan kemerdekaan  indonesia
Siswa dapat memberikan contoh cara menghargai jasa tokoh tokoh kemerdekaan
25
26
Menghargai jasa dan peranan tokoh dalam memproklamirkan kemerdekaan
Siswa dapat menentukan peranan tokoh kemerdekaan indonesia
27
Siswa mampu menentukan lokasi pembacaa teks proklamasi kemerdekaan indonesia
28
Siswa dapat menceritakan tentang peristiwa rengasdengklok
29
Menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan
Ditampilkan cerita gambar tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan siswa dapat menentukan peranan tokoh mempertahankan  kemerdekaan
30
Ditampilkan cerita gambar tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan siswa dapat menentukan nama tokoh yang mempertahankan kemerdekaan indonesia
31
6
Memahami perkembangan wilayah Indonesia , keadaan soailm Negara tetangga serta benua benua
Menjelaskan sistim administrasi wilayah indonesia
Menjelaskan sistim administrasi wilayah Indonesia sebelum merdeka
32
Menjelaskan sistim administrasi wilayah Indonesia zaman revolusi
33
Menjelaskan sistim administrasi wilayah Indonesia berdasarkan uu nomor 5 tahun1974
34
Membandingkan kenampakan alam Negara  Negara tetangga
Membandingkan cirri cirri kenampakan alam Negara tetangga




35
Membanding flora dan fauna yang ada di Negara tetangga
36
Membandingkan keadaan social Negara tetangga
Membandingkan keadaan social Negara tetangga
37
wiswi ayu syafni,s,pdMengidentifikasi benua benua yang ada di dunia
Ditampilkan gambar sebuah benua ,siswa dapt menyebutkan benua tersebut
38
Ditampilkan gambar sebuah benua , siswa dapat menyebutkan penduduk itu berasal daribenua tertentu
39


Ditampilkan hewan hewan yang hidup dari suatu benua , siswa dapat menyebutkan benua tempat hewan tersebut
40
7
Mengenal geajala alam / peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan Negara tetangga erta dapat melakukan tindakan dalam menghadapi bencana alam
Menjelaskan peristiwa alam yang terjadi di indonesia
Siswa dapat menyebutkan penyebab terjadinya kabut asap di indonesia
41
Siswa dapat menyebutkan daerah yang berpotensi gempa di indonesia

Siswa dapat menjelaskan penyebab banjir
42
Menjelaskan peristiwa alam yang terjadi di Negara tetangga
Siswa dapat menyebutkan Negara yang tak pernah dilanda gempa bumi

43
Menjelaskan cara cara menghadapi bencana alam
Siswa dapat menjelaskan cara cara menghadapi bencana alam
44
8
Memahami peranan Indonesia di era globalisasi
Menjelaskan peranan Indonesia di era globalisasi
Menjelaskan peranan Indonesia untuk keamanan dunia
45
Menjelaskan dampak positif dan negative terhadap kehidupan bangsa Indonesia di era globalisasi
Siswa menjelaskan dampak positif terhadap kehidupan bangsa Indonesia di era globalisasi dalam sector kmunikasi atau transportasi
46
Menjelaskan dampak  negative terhadap kehidupan bangsa Indonesia di era globalisasi
Siswa menjelaskan dampak negative  terhadap kehidupan bangsa Indonesia di era globalisasi dalam sector pariwisata dan perikanan
47
Menjelaskan manfaat ekspor dan impor bagi Indonesia
Siswa dapat menjelaskan produk migas/non migas yang di ekspor/di impor indonesia
48
Siswa dapat menjelaskan manfaatekspor impor bagi Indonesia bagi kehidupan  perekonomia indonesia
49



Siswa dapat menjelaskan manfaat ekspor
50








KISI  KISI SOAL UJIAN AKHIR SEKOLAH
MATA PELAJARAN PKn
KELAS VI SDN 31 BALAI LABUH BAWAH


NO
SKL
KEMAMPUAN YANG DIUJI
INDIKATOR
NO
SOAL
1
Menjalani sistim pemerintahan nagari dan pemerintahan kecamatan
Lembaga lembaga nagari dan pemerintahan kecamatan
Menyebutkan lembaga lembaga dalam pemerintahan nagari
1
Menggambarkan struktur organisasi nagari dan pemerintahan kecamatan
Menyebutkan lembaga lembaga dalam sitim pemerintahan kecamatan
2
Menjelaskan struktur organisasi pemerintahan nagari dan kecamatan
3
2
Memahami sistim pemerintahan kabupaten kota dan propinsi
Lembaga lembaga susunan pemerintahan kabupaten/ kota dan propinsi
Menyebutkan lembaga lembaga dalam sitim pemerintahan kabupaten/kota dan propinsi sumatera barat
4
Menggambar struktur organisasi nagari kecamatan kabupaten /kota dan propinsi
Membuat gambar struktur organisasi pemerintahan kabupaten tanah datar atau propinsi sumatera barat
5
3
Mengenal sisti pemerintahan tingkat pusat
Lembaga lembaga susunan pemerintahan tingkat pusat seperti MPR, DPR, MA,MK,BPK ,dan presiden
Menyebutkan nama nama lembaga lembaga dalam susunan pemerintahan pusat serta tugas tugasnya
6
Organisasi pemerintahan tingkat pusat seperti presiden, wa pres, dan para mentri
wiswi ayu syafni ,s.pdMenyebutkan nama lembaga eksekutif tingkat pusat
7
4
Menunjukkan sikap terhadap globalisasi di lingkungan
Pengaruh globalisasi terhadap lingkungan
Menyebutkan contoh sederhana pengaruh globalisasi terhadap lingkungan
8
Identitas jenis jenis budaya Indonesia yang pernah ditampilkan dalam misi kebudayaan internasional
Menyebutkan Janis jenis budaya Indonesia yang pernah ditampilkan dalam misi kebudayaan internasional di bidang seni tari
9
Sikap sikap menghadapi pengaruh globalisasi terhadap lingkungan
Menyebutkan salah satu sikap yang perlu dikembangkan dalam menghadapi pengaruh globalisasi
10
5
Memahami makna keutuhan NKRI dengan kepatuhan terhadap UU peraturan , kebiasaan , adapt istiadat dan menghargai keputusan bersama
Menjelaskan wilayah NKRI, pentingnya keutuhan NKRI , upaya menjaga keutuhan NKRI
Menentukan batas wilayah
11
Menentukan jumlah propinsi di NKRI berdasarkan tahunyang ditentukan
12
Menjelaskan badan yang membuat UU
13
Menjelaskan gangguan /pemberontakan yang berusaha membubarkan NKRI
14
Menjelaskan upaya menjaga keutuhan NKRI
15
Menjelaskan peraturan pusat dan peraturan daerah beserta proses pembuatan dan pelaksanaa peraturan tersebut
Menentukan peraturan perundang undangan yang berlaku di indonesia
16

Menjelaskan cara pembuatan undang undang
17


Menjelaskan contoh peraturan pusat
18
Menjelaskan peran  masyarakat dalam membuat undang undang
19
Menjelaskan alas an mentaati peraturan
20


Menjelaskan kebebasan berorganisasi , peran serta dalam berorganisasi yang ada di lingkungan sekolah dan masyarakat
Menjelaskan tugas tugas pengurus organisasi
21
Menjelaskan organisasi yang ada di lingkungan sekolah
22
Menjelaskan organisasi yang ada di lingkungan masyarakat
23
Menjelaskan manfaat dari adanya ikut serta berpartisipasi dalam sebuah organisasi
24
Menjelaskan cara pemilihan pengurus organisasi
25
Menjelaskan hal yang harus diperhatikan dalam mengikuti sebuah organisasi
26
Menjelaskan dan menghargai keputusan , mengambil keputusan , dan melaksanakan keputusan bersama
Menjelaskan cara pengambilan keputusan bersama
27
Menjelaskan manfaat dari adanya  pengambilan keputusan bersama
28
Menjelaskan cara menghargai keputusan bersama
29
6
Memahami peran Indonesia dalam lingkungan Negara Negara di asia tenggara
Kerjasama Negara Negara asia tenggara
Disajikan beberapa Negara yang berada di kawasan asia tenggara , siswa dapat menyebutkan Negara pendiri asean
30
Disajikan latarbelakang kerjasama  Negara Negara asia tenggara , siswa dapat menyebutkan salah satu bentuk kerja sama tersebut
31
Disajikan tokoh tokoh pendiri asean , siswa dapat menyebutkan tokoh yang berasal dari sebuah negara
32
Disajikan tentang secwiswi ayu syafni,s.pdretariat jenderal , siswa dapat menyebutkan tokoh yang npernah menjadi / menduduki jabatan sek jend asean pada periode tertentu
33
Disajikan bentuk kerja sama asean , siswa dapat menyebutkan bentuk kerja sama asean bidang ekonomi
34
Disjikan peran Indonesia , siswa dapat menyebutkan peran injdonesia dalam bidang keamanan
35
7
Memahami politik luiar negeri indonesi bebas aktif dalam era globalisasi
Politik luar negeri yang bebas aktif
Disajikan beberapa tokoh-tokoh politik ,siswa dapat menyebutkan tokoh yang mengusulkan politik luar negeri bebas aktif
36
Siswa dapat menyebutkan dasar politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif yang tercantum dalam UUD 1945
37
Disajikan beberapa menteri cabinet Indonesia bersatu II siswa dapat menyebutkan menteri yang mengurus kerjasama  dengan luar negeri
38
Disajikan beberapa organisasi internasional , siswa dapat  membedakan mana yang merupakan peran Indonesia dan yang bukan
39
Disajikan tokoh tokoh yang bemprekasai berdirinya gerakan non blok , siswa dapat menyebutkan tokoh dari Negara tertentu
40
Disajikan beberapa prinsip Negara non blok dan yang bukan , siswa dapat menyebutkan yang bukan prinsip dari gerakan non blok
41
8
Memahami dan menghargai makna nilai  nilai perjuangan bangsa
Gambaran nilai nilai juang dalam proses perumusan pancasila
Siswa dapat menyebutkan hasil rumusan panitia sembilan
42
Siswa dapat menyebutkan proses  perumusan pancasila serta nilai kebersamaan
43
Cerita singkat nilai juang dan kebersamaan dalam perumusan pancasila
Siswa dapat menyebutkan salah satu nilai juang serta sikap pendiri Negara yang patut diteladani
44
Siswa dapat menunjuk gawiswi ayu syafni,s.pdmbar yang mengandung nilai juang pada perisai burung garuda
45
Siswa dapat menjelaskan contoh sikap keteladanan yang dapat diterapkan dikeluarga/ sekolah
46
9
Memahami sistim pemerintahan pusat  maupun daerah
Sistim pemerintah pusat
Siswa mampu menjelaskan lembaga lembaga Negara yang sesuai dengan UUD 1945 hasil amamdemen
47
Siswa mampu menjelaskan peranan KPU  dan pelaksanaan pemilu
48
Siswa mampu menjelaskan tata cara dan lembaga pembuat undang undang
49
Sistim pemerintah daerah
Siswa mampu menjelaskan fungsi pemerintahan daerah
50
Siswa mampu menjelaskan tentang pelaksanaan pilkada di propinsi
51





Tidak ada komentar:

Posting Komentar